Selasa, 20 Desember 2011

Pengaruh Positif Dan Negatif Budaya Asing Terhadap Remaja di Indonesia


MAKALAH
ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR

“Pengaruh Budaya Asing Terhadap Perilaku Remaja”


Ditulis Oleh :
Nisfi Laili Harun 1110070130 047
Devi Selvina Andini 1110070130 044
Chevi Agnesia 1110070130 046
Nurkholilah 1110070130 045
Yusma Chintia 1110070130 043

Dosen Pembimbing:




PROGRAM STUDI D III KEBIDANAN
UNIVERSITAS BAITURRAHMAH
Tahun Ajaran 2011/2012

KATA PENGANTAR

            Puji syukur kita ucapkan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, atas berkah dan rahmat-Nya maka kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan semampu kami.
            Makalah Ilmu Sosial Budaya Dasar ini dibuat dengan tujuan agar kita mengetahui tentang Pengaruh Buadaya Asing di Kalangan Remaja Indonesia, baik yang positif maupun yang negatif. Agar kita bisa memfilter budaya asing yang masuk ke Indonesia.
            Penyelesaian makalah ini juga bersumberkan dari beberapa referensi, seperti dari internet yaitu dari google, dan dari pengetahuan yang saya miliki seputar hal ini.
            Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua, mengingat pengaruh budaya asing yang berkembang sangat pesat di Indonesia pada saat sekarang ini. Oleh karena itu, diharapkan saran dan kritik sebagai penyempurnaan makalh ini.

















DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
1.      BAB I. PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang.........................................................................................................1
B.     Tujuan......................................................................................................................2
C.     Rumusan Masalah....................................................................................................3
2.      BAB II. PEMBAHASAN
A.    Masuknya budaya asing ke Indonesia......................................................................5
B.     Pengaruh budaya asing terhadap remaja Indonesia..................................................6
C.     Cara memfilter budaya asing yang masuk ke Indonesia..........................................6
D.    Memupuk kesadaran remaja indonesia terhadap pentingnya melestarikan kebudayaan Indonesia..............................................................................................7
3.      BAB III. PENUTUP
A.    Kesimpulan...............................................................................................................8
B.     Saran.........................................................................................................................8
DAFTAR PUSTAKA















BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG
            Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya yang beranekaragam, dimana di dalamnya terdapat berbagai suku bangsa dengan kebudayaannya masing-masing yang unik dan berbeda-beda. Masing-masing kebudayaan tersebut memiliki nilai seni dan sosial yang tinggi. Kebudayaan tersebut telah tercipta sejak dahulu kala hingga sekarang. Namun, pada saat sekarang ini kebudayaan tersebut sudah mulai ditinggalkan bahkan sebagian masyarakat malu dan gengsi akan kebudayaannya sendiri, terutama dikalangan remaja. Padahal kebudayaan yang ada di Indonesia tidak sedikit yang bagus, tapi kesadaran masyarakat untuk melestarikannya sudah mulai pudar. Disaat kebudayaan itu diambil oleh bangsa lain barulah mereka menyadari bagusnya kebudayaan tersebut dan berusaha mati-matian untuk merebutnya kembali. Hilangnya kepedulian masyarakat akan kebudayaan tersebut tidak terlepas dari pengaruh budaya asing dan kebiasaan para remaja yang cenderung suka meniru. Budaya asing masuk ke negara kita dengan bebas tanpa ada filterisasi. Pada umumnya masyarakat indonesia bersifat terbuka dengan inovasi-inovasi yang datang dari luar, tetapi mereka tidak bisa memilah-milah mana yang sesuai dan tidak sesuai dengan norma yang berlaku di Indonesia. Indonesia memiliki beberapa norma yang harus dipatuhi oleh masyarakat, diantaranya norma agama, norma sosial, norma hukum, dan norma kesopanan. Contoh budaya barat yang masuk ke Indonesia seperti cara da mode berpakaian, film, musik dan bahkan pergaulan dengan lawan jenis.
            Semua hal yang dituliskan diatas merupakan pengaruh negatif dari budaya asing, namun budaya asing yang datang dari luar tersebut tidak hanya membawa pengaruh negatif tetapi juga ada pengaruh positif dari budaya asing yang tidak masalah bahkan bagus jika kita dapat menirunya. Yitu dalam bidan IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Dimana seperti yang kita ketahui bahwa di negara barat tersebut mutu pendidikannya sangat bagus dan segala macam usaha berkembang pesat sehingga negaranya tumbuh dan berkembang menjadi negara maju karena perekonomiannya yang bagus.  Selain itu teknologi yang canggih sehingga memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktivitas.






B.   TUJUAN

Begitu besarnya pengaruh yang diberikan oleh budaya asing tersebut terhadap generasi muda penerus bagsa indonesia ini, jangan sampai cikal bakal penerus pembangunan bangsa kita terjerumus kedalam budaya asing yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku dan merugikan dirinya sendiri bahkan orang lain. Untuk itu kita harus mengetahui pengaruh-pengaruh tersebut dan dampaknya agar kita dapat memfilter budaya asing yang sekarang sudah marak berkembang di Indonesia. Memfilter disini maksudnya adalah dengan cara memilah-milah mana budaya asing yang sesuai dengan norma yang berlaku dan layak untuk ditiru di Indonesia dan budaya asing yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku sehingga tidak layak untuk ditiru karena akan melanggar norma-norma yang berlaku tersebut. Selain itu agar kita menyadari bahwa kebudayaan di dalam negeri kita sendiri sangat penting untuk dijaga dan dilestarikan agar tidak punah dan diambil oleh bangsa lain. Kalau bukan kita yang melestarikan budaya kita sendiri siapa lagi.





























C.   PERUMUSAN MASALAH

1.      Bagaimana budaya asing dengan mudahnya masuk ke Indonesia
2.      Bagaimana pengaruh budaya asing terhadap kehidupan remaja Indonesia
3.      Bagaimana usaha kita agar bisa memfilter budaya asing tersebut
4.      Bagaimana agar kebudayaan Indonesia tidak punah
5.      Bagaimana memupuk kesadaran remaja Indonesia tentang pentingnya melestarikan kebudayaan Indonesia





















BAB II
PEMBAHASAN

A.    Masuknya Budaya asing ke Indonesia
Pada awalnya, budaya asing telah masuk ke Indonesia sejak mereka menjajah bangsa indonesia. Selain itu budaya asing juga masuk melalui perdagangan yang memang berkembang pada saat itu, namun pada saat ini perkembangan teknologi yang sangat pesat memudahkan kita untuk mengakses informasi dibidang apapun. Perkembangan teknologi ini jugalah yang merupakan faktor utama pemicu mudahnya budaya asing masuk ke Indonesia. Selain itu usia remaja merupakan usia yang sangat kritis, apa yang menarik dan menyenangkan baginya dengan mudah akan ditiru. Budaya tersebut masuk melalui media komunikasi yang semakin lama semakin canggih seperti televisi, dalam bentuk film, video klip, dll. Bukan hanya media elektronik tetapi juga media cetak yang memuat informasi seputar budaya barat tersebut. Selain itu, internet bukanlah sesuatu yang langka pada saat sekarang ini. Para remaja dapat dengan mudah mengakses sesuatu hal yang baru melalui internet, baik hal yang positif maupun negatif. Setelah mereka melihat gaya hidup dan kebiasaan orang barat mereka mulai meniru dan merubah gaya hidupnya menjadi kebarat-baratan. Contohnya saja dalam hal penampilan, banyak remaja sekarang yang meniru gaya dan penampilan orang barat yaitu dengan mewarnai rambut mereka, memberi warna pada mata mereka agar terlihat seperti orang barat yang memiliki warna rambut dan mata berbeda dengan orang Indonesia. Selain itu dalam hal etika pun remaja Indonesia memakai etika barat yang tidak seperti di Indonesia, mereka tidak punya aturan hukum mengenai kesopanan, agama, dan sosial.
            Disamping itu kondisi lingkungan turut memicu faktor berkembangnya budaya barat di Indonesia. Dimana di kota-kota besar yang akses informasinya sangat cepat dan remajanya yang terbuka dalam hal-hal yang berbau barat membuat masyarakatnya lebih mudah terpengaruh dibandingkan dengan remaja yang berada di pedesaan. Teman sepergaulan juga dapat memberikan pengaruh kepada kita, jika teman kita memiliki budaya yang kebarat-baratan otomatis kita akan mengikutinya. Masalah perekonomian juga merupakan faktor pemicu suksesnya budaya barat tersebut berkembang di Indonesia. Remaja yang merasa mampu mengikuti budaya barat tersebut berusaha membeli barang-barang yang dapat mendukung penampilannya yang kebarat-baratan, seperti pakaian, model rambut, dll.
            Pengaruh negatif dari budaya asing ini sangat merugikan dan meresahkan, karena dapat merusak moral bangsa. Namun, disamping budaya asing membawa pengaruh negatif terhadap moral remaja indonesia, kita sebenarnya juga dapat meniru hal yang positif dari Bangsa asing. Pengaruh positifnya adalah kita bisa melihat betapa orang barat itu sangat maju dalam bidang pendidikan dan teknologi sehingga menjadikan negaranya menjadi negara maju. Selain itu dapat merubah tatanan kehidupan bermasyarakat yang adil, maju, dan makmur.
B.     Pengaruh Budaya Asing Terhadap Remaja Indonesia

Seperti yang kita ketahui bahwa para remaja sifatnya terbuka terhadap informasi yang datang dari luar, dan mereka juga suka meniru. Sehingga mereka merubah gaya hidup mereka yang metropolis, dimana mereka terbiasa dengan kehidupan malam, pergaulan bebas, narkotika dsb. Secara otomatis, hal itu dapat menghilangkan norma kesopanan dalam diri remaja indonesia yang seharusnya ada pada mereka sebagai ciri khas masyarakat indonesia yang berbudi pekerti.
Yang lebih parahnya lagi, gaya hidup seks bebas yang sepertinya sudah lazim dikalangan para remaja. Awalnya, mereka hanya menonton film porno yang didapat dari internet, kemudian timbul rasa mereka ingin mencoba hal itu dan akhirnya terjadi berbagai kemungkinan yang berbahaya, diantaranya hamil diluar nika, tertularnya virus HIV/AIDS. Usia muda diibaratkan bagai bunga yang baru mekar, sehingga pikiran mereka masih labil. Mereka hanya memikirkan nafsu sementara saja tanpa memikirkan apa yang akan terjadi nantinya.
Disamping itu, ada juga pengaruh positif yang dapat kiata ambil dari bangsa asing, yaitu kegigihan, kedisiplinan, kemajuan, dan perkembangan negara barat yang menjadikan mereka maju dalam bidang perekonomian. Kita bangsa indonesia jauh tertinggal dari bangsa barat dalam segi perekonomian dan politik. Hal itu bisa kita contoh dan kita pelajari dari bangsa barat sehingga kita bisa selangkah lebih maju dibandingkan sekarang.

C.     Cara memfilter budaya asing yang masuk
Ada beberapa tindakan antisipasi yang dapat dilakukan remaja indonesia terhadup pengaruh budaya asing yang sifatnya negatif, diantaranya :
1.      Bersikap kritis dan teliti
Kita harus bersikap kritis dan teliti dalam menerima budaya asing yang masuk, kita harus mengetahui apakah budaya ini sesuai atau tidak dengan norma-norma yang berlaku dengan mencari informasi dan banyak bertanya mengenai dampak-dampak dari budaya tersebut.
2.      Perluas Ilmu Pengetahuan (IPTEK)
Kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah fungsi dan dampak dari budaya tersebut agar kita tidak menyalahgunakannya
3.      Tanamkan “Aku Cinta Indonesia”
Maksudnya adalah bahwa adat istiadat dan budaya yang dibawa leluhur kita adalah benar adanya dan memberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa indonesia, sehingga kita tidak mudah terpengaruh oleh budaya asing yang masuk ke Indonesia.
4.      Meningkatkan keimanan dan ketakwaan
Agama merupakan pondasi utama yang bisa mengontrol diri kita terhadap hawa nafsu yang akan membawa kita ke dalam jurang kenistaan. Agama yang akan menuntun kita disaat langkah kita tersesat.


D.    Memupuk Kesadaran Remaja Indonesia terhadap pentingnya melestarikan budaya indonesia
Langkah-langkah untuk menimbulkan kesadaran remaja akan pentingnya budaya indonesia adalah :
1.      Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh, misalnya dengan mencintai produk dalam negeri.
2.      Menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila dengan sebaik-baiknya
3.      Melalui acara memperingati hari besar nasional
4.      Memberikan pendidikan moral
5.      Memperkenalkan budaya indonesia
6.      Menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai agama dengan sebaik-baiknya
7.      Mewujudkan supremasi hukum, menerapkan dan menegakkan hukum dalam arti sebenar-benarnya dan seadil-adilnya
8.      Selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, dan sosial budaya bangsa
Dengan adanya langkah-langkah antisipasi tersebut diharapkan mampu menangkis dan memfilter pengaruh budaya asing yang dapat mengubah nilai nasionalisme terhadap bangsa, sehingga kita tidak kehilangan kepribadian bangsa.













BAB III
PENUTUP

A.   KESIMPULAN
Budaya asing memiliki pengaruh positif dan negatif, semua itu tergantung diri kita sendiri, jika kita bisa memfilter budaya yang masuk yang sesuai dengan norma yang berlaku maka semuanya akan baik-baik saja, namun jika kita tidak bisa memfilternya maka kita akan ikut terjerumus kepada budaya barat tersebut.
Generasi muda yang pintar pasti tahu mana yang baik untuk dirinya dan mana yang tidak. Terlihat didalam lingkungan sosialnya, apakah ia bisa beradaptasi dengan temannya tanpa ikut berhura-hura seperti kebanyakan remaja yang lain.
Kita juga harus menanamkan rasa nasionalisme dan cinta terhadap bangsa sendiri, disamping itu keimanan dan ketakwaan tetaplah menjadi faktor utama yang akan memagari diri kita dari hal-hal yang negatif.

B.   SARAN
Setelah diamati dampak dari masuknya unsur-unsur budaya asing ke indonesia  penulis memberikan saran kepada para pembaca karya tulis ini umumnya dan para generasi  penerus bangsa indonesia khususnya, agar mengantisipasi terhadap budaya asing yang yang masuk ke indonesia karena budaya tersebut tidak sesuai dengan kebudayaan kita dan akan berdampak sangat buruk terhadap eksistensi budaya ini, karena budaya asing, banyak penyimpangan dilakukan oleh segelintir masyarakat indonesia khususnya kaum pemuda yang mengadopsi cara hidup mereka dari berbagai budaya asing yang masuk ke indonesia, seperti pergaulan bebas, live style, sex bebas, dan lainnya. Dan saran ini ditujukan kepada pemerintah agar lebih teliti lagi menyaring budaya asing yang masuk karena akan mempengaruhi generasi yang akan datang.












DAFTAR PUSTAKA

Google

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar